Kamis, 19 Juli 2012

Konsultasi Hewan


Tanya :

 Sudah lebih dr seminggu saya terserang flu yg kadang disertai batuk, dua hari belakangan ini saya lihat anjing peliharaan saya beberapa kali bersin-bersin dan mendadak suaranya seperti habis. apa flu manusia bisa menular ke hewan peliharaan?

Halo Selamat Sore, Sdri. Abigeil

Pada dasarnya flu pada manusia disebabkan oleh berbagai macan virus yang digolongkan menjadi "virus influenza". Lazimnya berbagai type dari virus ini hanya menyerang 1 jenis spesies mahkluk hidup saja. Namun terkadang, terdapat tipe tertentu yang dapat menular dari manusia ke hewan peliharaan.

Sebagai contoh : tahun 1998, ditemukan virus influenza jenis H3N8 yang biasa menyerang pada manusia, ternyata ditemukan menular dan menjadi wabah bagi populasi babi. Temuan terbaru juga menambahkan, bahwa kini virus tersebut juga sudah mulai menyerang populasi kuda dan anjing domestik.

Demikian. Semoga bermanfaat. Salam.
dr. Janfrional

Selamat sore :)
Jawab

Influenza, yang lebih dikenal dengan sebutan flu, merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus RNA dari famili Orthomyxoviridae (virus influenza), yang menyerang unggas dan mamalia.

Seperti kita ketahui bahwa manusia merupakan golongan mamalia. Begitu pula dengan anjing atau bbrp hewan peliharaan lainnya seperti kucing,dll. Sehingga memungkinkan virus ini pun dapat menular pada mereka. Biasanya,influenza ditularkan melalui udara lewat batuk atau bersin, yang akan menimbulkan aerosol (butiran-butiran air di udara) yang mengandung virus.

Untuk mengetahui lebih lanjut lagi tentang penyakit pada hewan peliharaan anda tsb, anda dapat mengkonsultasikannya pula dengan dokter hewan.

dr. Eleonora Mitaning Christy

19 komentar:

  1. Mlm dok, sy punya anjing jenis teckel. Yg mau sy tanyakan adalah udh brp hr ini dia kurang nafsu makan & hr ini mlm ini tiba2 dia menggigil spt kedinginan & buang air kecilnya tdk terkontrol. Sy ingin bawa dia ke dokter hewan tp smua terkendala biaya. Jd sy hrs bagaimana ya dok? Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  2. pagi dok, saya punya kelinci anggora.. sekarang dia lg mencret2.. obatnya apa ya dok.. apa benar kelnci tidak boleh di kasi minum> soalnya di kandang mereka aku taro botol minum

    BalasHapus
  3. Salam,sy ano dri smrg...burung peliharaan saya ada yg mempunyai benjolan di atas matanya,makin hari makin besar benjolannya. Kiranya penyakit apa yg di derita burung saya dan bagimana cara pengobatannya. Terima kasih

    BalasHapus
  4. Malam dok....saya punya ayam pejantan yg malas makan... obat apa yg bisa merangsang nafsu makan pada ayam...

    Trimakasih

    BalasHapus
  5. Malam dok....saya punya ayam pejantan yg malas makan... obat apa yg bisa merangsang nafsu makan pada ayam...

    Trimakasih

    BalasHapus
  6. Dok, salah satu anak kucing saya sekarang berusia kurang lebih 5-6 minggu, kemarin saya menggendongnya dengan cara memeggang lehernya (seperti yang dilakukan induknya) ketika akan memberinya makanan padat. tapi ketika diturunkan dari gendongan, anak kucing itu jadi kesulitan untuk menggerakkan kepala ke kiri. sekarang dia hanya bisa menggerakan kepala ke kanan saja serta ketika jalan, dia seperti kehilangan keseimbangan.
    itu kenapa ya dok?
    cara mengobatinya bagaimana?
    terima kasih.

    BalasHapus
  7. Halo dok. Sy siska dr palu. Mau tanya anjing sy jd lemas dan pincang, tapi di kaki yg pincangnya ada bercak kyk kena jamur atau kutu gituu dan di seluruh tubuh ada kyk kotoran pasir hitam2. Dia jd malas makan dan tdk semangat. Itu knp ya dok? Dan langkah apa yg hrs sy ambil? Trims.

    BalasHapus
  8. dok mau tanya, sy kmrn baru aja ketemu anjing di dekt rumah saya. Dia jalan sendirian gitu tp kayaknya sm yg punya duku kerawat. Anjingnya miripsekali dgn ras Yorkshire. Udah 3bln saya rawat dirumah. Tp dia di kupingnya blmditato dok. Apa kah saya bisa buatin dia sertifikat? Karena saya mau pakek in dia chip, apa kah pakekin anjing chip perlu ada sertifikatnya? Jawab ya dok

    BalasHapus
  9. dok saya mau tanya saya punya anak anjing usia 1 bulan...jantan..
    anak anjing ini ibu nya chihuahua x mini pom
    saya mau tanya kenapa bulu nya rontok ya dok ,,,cara mengatasi nya gmn dok..dan saya belom vaksin apa pun tolong info nya dnk...terima kasih di tunggu balas an nya ..

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. dok, saya punya kucing umur 2 bulan. 2 minggu ini sudah mendapat suntik cacing dan vaksin pertamanya. Setelah saya baca internet, ternyata vaksin perlu diulang dan pemberian obat cacing juga perlu diulang selang 2 miggu hingga usia 12 minggu. Saya bingung dok jadwal antara obat cacing dan vaksin keduanya nanti seperti apa, terimakasih

    BalasHapus
  12. Halo dok..
    Saya punya kucingvyang usianya kira-kira 1 tahun.hari selasa ,tanggal 08 2016 dia ketabrak Mobil.pada hari itu salah satu kakinya tidal di jalankan di tanah tetapu dialogue masih bisa jaln.pada hari rabu(besoknya),09 2016 did berjalan lagi Dan mulai kakinya dijalankan ketanah tetapi sangat tidak stabil..pada hari ini(kamis)dia jalan Dan juga masih menjalankan kakinya a ketanah Dan agak stabil.pertanyaan saya+:kucing Saya ITU terkilr atau patah?apa ciri ciri kucing terkilir?bagaimanabagaimana cara menyembuhkannya tanpa harus membawanya ke dokter?apakah Saya harus memijat kakinya(Saya takut)?keadaan kakinya a Sekarang sih tidak bengkak..
    Mohin bantuannya dok!
    Saya sungguh tidak tenang...
    Saya mohon sekali Dengan bantuan dokter.
    Terima kasih

    BalasHapus
  13. Halo dok..
    Saya punya kucingvyang usianya kira-kira 1 tahun.hari selasa ,tanggal 08 2016 dia ketabrak Mobil.pada hari itu salah satu kakinya tidal di jalankan di tanah tetapu dialogue masih bisa jaln.pada hari rabu(besoknya),09 2016 did berjalan lagi Dan mulai kakinya dijalankan ketanah tetapi sangat tidak stabil..pada hari ini(kamis)dia jalan Dan juga masih menjalankan kakinya a ketanah Dan agak stabil.pertanyaan saya+:kucing Saya ITU terkilr atau patah?apa ciri ciri kucing terkilir?bagaimanabagaimana cara menyembuhkannya tanpa harus membawanya ke dokter?apakah Saya harus memijat kakinya(Saya takut)?keadaan kakinya a Sekarang sih tidak bengkak..
    Mohin bantuannya dok!
    Saya sungguh tidak tenang...
    Saya mohon sekali Dengan bantuan dokter.
    Terima kasih

    BalasHapus
  14. Dok.saya mau tanya nih...saya baru neni laba laba di rumah lalu setelah saya amati laba labanya kayak bukan laba laba rumahan biasa,laba labanya berwarna putih,bertubuh kecil,dan di sekitar kakinya ada garis berwarna coklat,badannya juga tidak berbentuk bulat seperti laba laba lainnya.Apa mungkin itu laba laba albino ya dok?mungkin gak sih laba laba nya beracun?monggo silahkan dijawab dok..

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Dok mau tanya saya baru beli anjing sitzu umur 2,5 bln pas tk ambil dri pembeli mash sehat pas sampek dirumah jg mash lumayan aktif tp bsuke kx kyak ga semangat gt sama pilek gt ya dok . . .maunya cuman tdr trz diajak jalan n maen ga ada respon sama sekali tlong balasany dok terimakash

    BalasHapus
  17. Selamat siang dok, saya mau tanya soal kucing saya dok. Uda tiga hari ini, kaki nya lemas aja dok. Susah jalan dok, gemetaran. Seblumnya kucing saya uda sakit sariawan selama 1 minggu. Ada obatnya ga dok buat kaki yg lemas dok?

    BalasHapus