Kamis, 19 Juli 2012

5 Hewan yang Menularkan Penyakit






5 Hewan Peliharaan yang Menularkan Penyakit
Oleh: Tim Uniknya.com
[UNIKNYA.COM]:  Manusia dan hewan senantiasa dua mahluk bumi yang kedekatannya mampu melebihi sebuah kekaguman. Manusia bisa menganggap hewan sebagai sahabat yang  bisa diajaknya bicara. Adapula manusia yang memanfaatkan hewan mulai dari tenaga hingga daging serta organ lainnya, yang memiliki nilai ekonomis. Namun dibalik sebuah kedekatan hewan pun mampu menularkan penyakit yang berbahaya bagi manusia di sekitarnya. Berikut uniknya.com merangkum 5 hewan yang mampu menulari manusia dengan penyakit yang membahayakan kesehatan:


 1. Hewan Primata
Hewan yang dikatakan memiliki kedekatan dengan manusia ini, ternyata memiliki resiko berbahaya untuk menularkan sebuah penyakit kepada mahluk sekitarnya terutama manusia. Orang utan, siaman, owa dan sebagainya, memiliki kebiasan menggigit dan mencakar baik dalam keadaan gembira ataupun marah.Dan di saat perilaku tersebut mengenai manusia, orang yang memelihara,  maka ada kemungkinan tertular hepatitis, karena hewan perimata cenderung lebih mudah terinfeksi oleh virus hepatitis. Dan kecepatan penularannya pun sangat cepat, empat kali lebih cepat dengan penularan HIV. Penularannya bisa melalui aliran darah, plasenta bayi bagi ibu yang mengandung, lalu cairan sperma dan vagina, juga air liur.
Mereka yang mengidap hepatitis, organ tubuh seperti hati akan hancur, bagian perut akan membesar. Penderita akan sering muntah, menderita diare, warna kulit menguning, hal ini karena hati tidak lagi berfungsi karena dirusak oleh virus. Akibatnya fatal, si penderita terancam kematian. Penyakit lainnya yang bisa ditularkan oleh hewan primata adalah TBC, jika kotoran hewan yang menderita penyakit tbc terhirup oleh manusia, maka peluang untuk tertular sangat besar.






2. Tikus (Hewan Pengerat)
Tikus, hewan pengerat yang terkenal dengan gaya hidupnya yang jorok dan kotor. Selain gaya hidupnya, tingkahnya pun menyebalkan sebagaimana hewan pengerat, ia gemar sekali membuat gaduh dan merusak benda apapun yang membuatnya penasaran. Dan baik di perkotaan maupun dipedesaan yang didominasi oleh sawah dan ladang, keberadaan tikus sangat tidak diharapkan.
Tahukah Anda, jika tikus ini oleh para sejarawan internasional? Para sejarawan menduga tikus  sebagai penyebar kematian massal yang terkenal dalam sejarah dengan sebutan Black Death, sebuah peristiwa wabah mematikan yang melanda Eropa sekitar abad ke 14 Masehi. Sang tikus diduga membawa mikroorganisme yang berbahaya bagi manusia, terutama yang tinggal di pemukiman padat seperti perkotaan.
Maka kita sebaiknya bersikap hati-hati terhadap keberadaan tikus, terutama dapur, salah satu tempat favorit tikus. Mereka sering berkeliaran dan membuat gaduh, hanya untuk mencari sisa-sisa makanan. Selain makanan dan minuman, piring ataupun gelas, tak luput dari mikroorganisme yang dibawa olehnya. Penyakit yang mampu ditularkan oleh tikus diantaranya, leptospirosis, penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan dapat mengakibatkan kerusakan ginjal serta meningitis. Lalu Salmonella, salah satu penyakit radang saluran pencernaan dan Gardia, penyebab penyakit pencernaan. 

3. SAPI
Hewan ternak sahabat petani, selain air susunya yang bernilai ekonomis, daging dan bahkan kotorannya pun sangat berguna, baik sebagai kompos maupun untuk dijadikan biogas. Namun dibalik manfaat dan kebaikan yang diberika Tuhan kepadanya, apa yang diberikan oleh sapi ternyata bisa mengancam kesehatan manusia. Beberapa ancaman yang dimiliki oleh sapi diantaranya, infeksi salmonella, infeksi Ecoli dan ensefalitis sapi.
Sapi gila, ensefalitis sapi (mad cow),  adalah penyakit degeneratif otak pada sapi. Manusia dapat tertular penyakit ini bila mengonsumsi bagian otak atau sumsum tulang belakang. Pada manusia sapi gila dapat menyebabkan creutzfeld Jakob desease atau penyakit degeneratif otak yang sangat mematikan.


4. Kucing
Telah sejak ribuan tahun lalu kucing dikenal sebagai binatang anggun, yang dekat dengan manusia, walaupun seringkali terlihat malas namun kelembutan mereka membuat manusia ingin memelihara dan menyayanginya. Namun dibalik keanggunannya, kucing tak ubahnya binatang lain yang mampu menularkan penyakit kepada manusia. Tahukan Anda jika sebesar 50% – 90% gigitan kucing dapat menyebabkan infeksi tulang (ensefalitis). Kucing juga dapat menyebabkan penyakit rabies serta tularemia dan toksoplasmosis. Bakteri yang menyebabkan penyakit ini biasanya dibawa oleh hewan lain. Orang yang mengidap toksoplasmosis akan mengalami kerusakan pada otak, mata serta organ lainnya.


5. Kelinci Liar
Aduh ternyata binatang lucu ini pun rupanya tak luput dari perhatian, karena dikabarkan ia pun dapat menularkan penyakit kepada manusia. Salah satu penyakit yang dapat ditularkan oleh kelinci ini adalah tularemia, atau dikenal juga dengan sebutan demam kelinci. Gejala penyaki ini adalah demam tinggi disertai nyeri sendi. Serta dapat mengembangkan rasa sakit pnemonia dan dada, serta kesulitan bernafas. (**)
http://www.uniknya.com/2012/03/12/5-hewan-peliharaan-yang-menularkan-penyakit/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar